Our social:

Saturday, January 28, 2017

Tutorial Cara Mengatasi Pesan Error Could not get lock open 11 Resource temporarily unavailable




Saya akan membagikan pengalaman saya bersama Linux Ubuntu yaitu Mengatasi Pesan Error Could not get lock /var/lib/dpkg/lock
Ketika waktu saya update repository sudo apt-get update muncul pesan error seperti ini :

E: Could not get lock /var/lib/dpkg/lock - open (11: Resource temporarily unavailable) 
E: Unable to lock the administration directory (/var/lib/dpkg/), is another process using it?

bagaimana cara mengatasi nya ?
Langkah :
1. Anda harus menghapus file kunci dengan perintah berikut ini :
sudo rm /var/lib/apt/lists/lock
atau Anda juga mungkin perlu untuk menghapus file kunci dalam direktori cache :

sudo rm /var/cache/apt/archives/lock

lalu coba anda restart laptop atau komputer anda.

Langkah kedua cukup ampuh saya memakai langkah kedua ketika ubuntu saya yang saya pakai mengalami masalah tersebut. Anda dapat memaksa kunci off dengan menghapus file, tapi tidak dianjurkan tanpa terlebih dahulu menutup program, karena Anda bisa menyebabkan korup atau mengganggu instalasi.
langsung saja ketik di terminal :

sudo fuser -cuk /var/lib/dpkg/lock; sudo rm -f /var/lib/dpkg/lock

nb : jika ke force close semua . Coba anda restart ulang pc atau laptop anda

itu saya terima kasih :)

source : http://askubuntu.com/questions/15433/unable-to-lock-the-administration-directory-var-lib-dpkg-is-another-process

0 comments:

Post a Comment